333 SOSIALISASI E COURT DI PENGADILAN AGAMA SENTANI

Berita Terkini

SOSIALISASI E-COURT DI PENGADILAN AGAMA SENTANI

Social Media

Pada hari Senin tanggal 1 Juli 2019   bertempat di Ruang aula Pengadilan Agama Sentani dilaksanakan Sosialisasi Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-court) bersama dengan seluruh Advokat di wilayah hukum Pengadilan Agama Sentani. tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIT dibuka oleh Ketua PA Sentani di lanjutkan dengan presentasi oleh Wakil Ketua PA Sentani Jamaludin Muhamad, S.HI., MH. mengenai PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-court). Dalam presentasinya disampaikan mengenai tata cara pendaftaran perkara secara online melalui aplikasi e-court, dimana aplikasi­e-courtini merupakan salah satu inovasi dari Mahkamah Agung untuk mewujudkan peradilan yang modern dengan asas cepat, sederhana dan berbiaya ringan. Setelah presentasi selesai disampaikan acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan dialog antara para Advokat dengan narasumber.

IMG 20190701 WA0023 

PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court. PERMA Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan para pihak secara elektronik. Sedangkan untuk proses pembuktian masih harus dilakukan dengan sistem konvensional atau manual, melalui persidangan langsung dihadapan Majelis Hakim.

IMG 20190701 WA0024

Para Advokat/Pengacara mengikuti sosialisasi dengan sangat antusias dan mengutarakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Dalam materi tersebut disampaikan pula kepada para Advokat bahwa untuk dapat menggunakan E-Court diwajibkan memiliki 3 (tiga) syarat, yaitu: harus mempunyai KTP, Kartu Advokat dan Berita Acara Sumpah yang sah dan legal yang diterbitkan oleh Pengadilan Tinggi dimana para Advokat/Pengacara tersebut disumpah. Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat di era sekarang ini telah memaksa setiap orang untuk terus belajar mengikuti perkembangan yang ada. Begitupun dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang terus berinovasi dalam melakukan perubahan administrasi di pengadilan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Para Advokat/Pengacara sebagai pengguna aplikasi e-Court terlebih dahulu harus melakukan registrasi pada laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan melengkapi data serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan menunggu data yang nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Pengadilan Tingkat Banding. Setelah data pengguna terverifikasi maka pengguna bisa melakukan Pendaftaran Gugatan secara online melalui Aplikasi e-Court.  Di akhir acara  Jamaludin Muhammad, S.HI., MH. menyampaikan   bahwa para pengacara/advokat jika ingin berpekara di PA Sentani wajib menggunakan aplikasi ini.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas