385 EVALUASI IMPLEMENTASI 9 APLIKASI INOVASI BADILAG

Berita Terkini

EVALUASI IMPLEMENTASI 9 APLIKASI INOVASI BADILAG

Social Media

Menindaklanjuti surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Nomor W.25-A/1302/PL.04/10/2019 tanggal 16 Oktober 2019 perihal implementasi 9 (Sembilan) inovasi aplikasi Badan Peradilan Agama (Badilag) yang menginstruksikan kepada seluruh pengadilan agama se Papua dan Papua Barat untuk segera mengimplementasikan 9 aplikasi tersebut. Pengadilan Agama Sentani sebagai salah satu pengadilan yang berada dalam wilayah Papua berkewajiban untuk melaksanakan instruksi tersebut. Untuk memantau sejauh mana pelaksanaan atau implementasi 9 (Sembilan) inovasi Badilag tersebut wakil ketua PA Sentani memanggil para pejabat terkait di lingkungan PA Sentani. Terlaksananya 9 (Sembilan) aplikasi inovasi badilag adalah tanggung jawab bersama yang diberikan waktu sampai dengan tanggal 25 Nopember 2019, dan akan ada tindakan tegas dari badilag bagi pengadilan agama yang tidak mengimplementasikan 9 aplikasi tersebut sampai batas waktu yang ditentukan.

inovasi 2

Dari penjelasan dan pemaparan Kasubag PTIP Sarifudin, S.H. dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan 9 inovasi badilag di PA Sentani masih dalam proses penerapan karena peralatan yang dibutuhkan berupa Modem dan Raspberry masih dalam proses pemesanan. Diharapkan dalam waktu satu minggu kedepan peralatan tersebut sudah diterima dan akan segera di lakukan instalasi sehingga ditargetkan seluruh inovasi akan terimplementasi dengan baik.

Wakil Ketua Jamaludin Muhamad, S.Hi, MH.  menyampaikan agar aparatur PA Sentani turut proaktif dalam mencari informasi tentang tata cara implementasi 9 aplikasi inovasi badilag tersebut seperti link-link terkait, instalasi dan sebagainya, baik melalui tutorial dan buku panduan dari badilag maupun menggalinya dari rekan-rekan kolega seluruh aparatur peradilan agama se Indonesia. Adapun 9 (Sembilan) aplikasi inovasi tersebut adalah : aplikasi notifikasi perkara, aplikasi informasi produk pengadilan, aplikasi antrean sidang, aplikasi basis data terpadu kemiskinan, command center, aplikasi PNBP fungsional, aplikasi e eksaminasi, aplikasi e register dan aplikasi e keuangan.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas