390 PA SENTANI IKUTI KEGIATAN PEMANTAPAN E LITIGASI DAN 9 INOVASI BADILAG

Berita Terkini

PA SENTANI IKUTI KEGIATAN PEMANTAPAN E-LITIGASI DAN 9 INOVASI BADILAG

Social Media

Rabu, 20 November 2019. Pengadilan Agama Sentani mengikuti sosialisasi pemantapan e-litigasi dan 9 inovasi Badilag sesuai dengan surat tugas Nomor W25-A10/632 / KP.04.1/11/2019 tanggal 19 Oktober 2019 Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Kasubag PTIP dan admin IT. Dalam sambutannya KPTA Jayapura mengungkapkan bahwa e-Litigasi merupakan kelanjutan dari e-court yng diberlakukan untuk perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer, tata usaha negara sejak tahun lalu.beliau berharap seluruh PA di Papua dan Papua barat turut menyukseskan program dan menerapkan 9 inovasi ini.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua PTA Jayapura beliau menerangkan bahwa dalam e-litigasi digitalisasi tidak hanya dilakukan dalam hal pembayaran perkara maupun biaya pemanggilan. Akan tetapi diperlakukan pula dalam tukar-menukar dokumen, jawab-jinawab, pembuktian, bahkan penyampaian putusan. e-litigasi juga memperluas cakupan subjek yang memanfaatkan layanan peradilan ini. semula di e-Court yang bisa memanfaatkan hanyalah para advokat yang terdaftar. Namun, di e-Litigasi jaksa, biro hukum, pemda dan masyarakat bisa turut memanfaatkan aplikasi ini.

litigasi

Drs. H. Makmun, SH., MH. menerangkan, tujuan diberlakukannya e-Litigasi ini demi mendobrak tembok penghalang efektivitas peradilan. Dengan e-Litigasi ini, diharapkan proses peradilan bisa lebih cepat, dapat menjembatani kendala geografis, dan juga menekan tingginya biaya perkara. "Sehingga manfaat yang didapat dari e-Litigasi ini dapat terpenuhinya asas peradilan sederhana, capat dan berbiyaa ringan. Juga pemenuhan asas pelayanan publik serta demi meningkatkan kepercayaan publik dalam peradilan. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan pelatihan atau training tentang e-litigasi yang dipandu oleh M. Zulkifli Lubis, S.T selaku admin IT PTA Jayapura. Peserta sangat antusias mengikuti training tersebut. Dengan mengakses https://training-ecourt.mahkamahagung.go.id/ecourt_v2/ peserta secara langung mengakses, menginput, mengimplementasikan e-litigasi.

litigasi1

Setelah istirahat acara di lanjutkan dengan telekonferensi dengan Direktur Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi tentang e-litigasi. Setelah materi tersebut dilanjutkan dengan silaturahmi dengan seluruh Pengadilan Agama se Papua dan Papua Barat. Dalam kesempatan itu disampaikan harapan-harapan dan kendala dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Direktur Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H memberikan spirit kepada pengadilan agama seluruh Papua dan Papua Barat untk lebih meningkatkan kinerja baik itu bidang Kepaniteraan (SIPP) dan Kesekretariatan. Beliau memberikan penghargaan atas usaha seluruh aparat karena telah berkinerja baik. Beliau juga menegaskan agar seluruh pengadilan agama agar sebelum 25 November 2019 telah mengimplemetasikan seluruh inovasi unggulan dari Badilag.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas