392 SOSIALISASI DAN DDTK E LITIGASI PA SENTANI

Berita Terkini

SOSIALISASI DAN DDTK E-LITIGASI PA SENTANI

Social Media

Kamis, 21 November 2019, bertempat di ruang aula kantor Pengadilan Agama Sentani digelar Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) tentang tata cara pelaksanaan e-litigasi. Acara DDTK ini digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pemantapan E-litigasi dan Sembilan inovasi Badilag yang di ikuti oleh Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Kasubag PTIP dan Admin IT pada hari Rabu 20 November 2019 di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura.

ddtk.litigasi

Dalam acara DDTK ini dihadiri oleh seluruh pegawai PA Sentani, bertindak sebagai pemateri yang pertama adalah Sekretaris PA Sentani Panuju Hidayat. Dalam paparanya Sekretaris PA Sentani menjelaskan bahwa terkait dengan fungsi Sekretariat sebagai supporting unit maka segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan e-litigasi dan 9 inovasi Badilag baik itu sarana prasarana maupun infrastruktur penunjang lainnya akan dipenuhi guna suksesnya program Mahkamah Agung dan dan sembilan inovasi unggulan dari Badilag tersebut. Sekretaris PA Sentani mengucapkan terima kasih kepada Sarifudin, SH. sebagai Kasubag PTIP yang telah meluangkan waktu dan tenaga sehingga sembilan Inovasi Badilag semuanya dapat diterapkan dengan baik di PA Sentani.  

ddtk.litigasi2

Pemaparan selanjutnya terkait dengan teknis pelaksanaan e-litigasi di PA Sentani dari Hakim yaitu Rohayatun, S.HI. beliau menerangkan bahwa dalam e-litigasi ini, digitalisasi tidak hanya dilakukan dalam hal pembayaran perkara maupun biaya pemanggilan. Akan tetapi diperlakukan pula dalam tukar-menukar dokumen, jawab-jinawab, pembuktian, bahkan penyampaian putusan. e-litigasi juga memperluas cakupan subjek yang memanfaatkan layanan peradilan ini. semula di e-Court yang bisa memanfaatkan hanyalah para advokat yang terdaftar. Namun, di e-Litigasi jaksa, biro hukum, pemda bisa turut memanfaatkan aplikasi ini. Materi terakhir disampaikan oleh Admin IT yaitu Farindah Nurjanah, A.Md.kom. yaitu langkah-langkah seperti  Pendaftaran perkara secara online, Taksiran Panjar Biaya secara elektronik, Pembayaran Panjar Biaya secara online, Pemanggilan secara online dan Persidangan secara online mengirim dokumen persidangan (Replik, Duplik, Kesimpulan, Jawaban).  Nampak para peserta sangat antusias dalam mengikutinya sehingga acara nampak hidup. Para peserta begitu semangat mengajukan pertanyaan kepada nara sumber yang alhamdulillah nara sumberpun dengan sigap memberikan jawaban atau petunjuk tentang persoalan yang dikemukakan. Di akhir acara Wakil Ketua PA Sentani mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada seluruh peserta DDTK dan seraya berharap semoga nantinya penerapan e-Litigasi tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Sekedar informasi saat ini PA Sentani telah menerima 1 perkara yang diproses melalui e-litigasi.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas