393 PEGAWAI PA SENTANI IKUTI PELATIHAN TIK DI BPPTIK KEMENKOMINFO

Berita Terkini

PEGAWAI PA SENTANI IKUTI PELATIHAN TIK DI BPPTIK KEMENKOMINFO

Social Media

Berdasarkan surat panggilan Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo RI Nomor 1107 / KOMINFO / BPPTIK.32 / LT.03.08 / 11/2019 tanggal 22 November 2019 perihal , Pegawai Pengadilan Agama Sentani mengikuti Pelatihan Teknis Bidang Informasi dan Komunikasi untuk ASN di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) yaitu Panuju Hidayat, S.HI (Sekretaris), Sarifudin, SH. (Kasubag PTIP) dan Nurmin (Fungsional Umum). Kegiatan dibuka pada tanggal 25 hingga 29 November 2019 yang dibuka oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dr. Basuki Iskandar, MA. pada hari senin (25/11/2019) di ruang Auditorium BPPTIK Kementerian Kominfo RI.

 bpptik6  bpptik3

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara Bidang TIK”. Dalam pemaparannya, dibahas mengenai pertimbangan ekonomi digital serta tantangan di era revolusi industri 4.0 dimana hal ini akan berdampak positif atau negatif bagi masyarakat Indonesia. Dengan masuknya era digital, program Kementerian Kominfo yaitu Palapa Ring merupakan salah satu proyek infrastruktur yang terdiri dari pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer, proyek ini tersebar di tujuh lingkar daerah (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku ) dan satu  backhaul untuk menghubungkan semuanya. Dari program palapa ring ini, disetujui infrastruktur telekomunikasi berkapasitas besar dapat memberikan Jaminan kualitas internet dan komunikasi yang berkualitas tinggi, aman, dan murah. Tidak ada SDM yang ditinggalkan karena tidak ada internet. Selain itu, dengan mengembangkan SDM di era revolusi industri 4.0. dan diharapkan dengan adanya program pendidikan dan pelatihan ASN ini memiliki kemampuan di bidang TIK yang mumpuni dapat bersaing di era industri 4.0. 

Pada sesi pemaparan berikutnya, Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo RI, Nusirwan, memberikan materi mengenai fungsi dan peran BPPTIK sebagai unit pelaksana teknis untuk Aparatur Sipil Negara dan Angkatan Kerja Muda. Pemerintah memproteksi sumber daya manusia Indonesia dengan pembekalan dan sertifikasi berbasis SKKNI. Hal ini untuk mempersiapkan angkatan kerja muda di era revolusi industri 4.0. Ia juga memberikan motivasi bagi para peserta Agar memanfaatkan peluang ini dengan baik dan siap menghadapi revolusi industri 4.0. Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi bidang TIK ini adalah program tahunan BPPTIK. Program Seluruh Anggaran ini dialokasikan untuk APBN tahun 2019, sehingga peserta tidak memerlukan biaya apa pun.

 bpptik bpptik2

Ketua PA Sentani Ribeham, S.Ag melalui sambungan telepon meminta agar Pengadilan Agama Sentani mengandalkan sekretariat yang mempekerjakan sebagai unit pendukung dapat mendukung ilmu yang telah diperoleh selama pelatihan dan dapat menyiapkan infrastruktur teknologi informasi yang dibutuhkan akan lebih profesional dan membantu dalam memberikan bantuan kepada pengguna pengadilan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga pelayanan prima terhadap pengguna pengadilan sehingga kepuasan pengguna pengadilan dapat terwujud. Amiin YRA.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas