424 DONGKRAK SEMANGAT PTA JAYAPURA LAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN ZI

Berita Terkini

DONGKRAK SEMANGAT, PTA JAYAPURA LAKUKAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN ZI

Social Media

Pengadilan Tinggi Agama Jayapura berupaya terus memberikan semangat kepada jajaran Pengadilan Agama di wilayah hukum PTA Jayapura dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), melalui kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan secara virtual sesuai dengan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Nomor W25-A/661/HK.05/5/2020 tanggal 5 Mei 2020.

Pada Kesempatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura memberikan pengarahan agar Integritas harus benar-benar tertanam dalam diri semua aparat Pengadilan Agama sesuai dengan ikrar janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pengadilan agama. Hal-hal kecil dalam pembangunan zona integritas harus benar-benar di perhatikan jangan sampai hal kecil tersebut dapat menggangu bahkan menjadikan batu sandungan dalam suksesnya pembangunan zona integritas. Hilangkan semua jenis pungutan-pungutan dan jangan ada pembebaban biaya perkara yang melebihi ketentuan yang berlaku.

zi.1 zi.3

 

Sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menyampaikan hasil pembinaan yang dilakukan oleh Badan Peradilan Agama Tanggal 29 Maret 2020 yakni :

  1. Program prioritas Badilag agar diterapkan dan di jalankan walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 demi pelayanan terbaik terhadap pengguna pengadilan.
  2. Dekorum ruang sidang dan K3 harus tetap dijaga dan diterapkan sesuai ketentuan karena akan berpengaruh terhadap penilaian zona integritas.
  3. Kinerja PTSP, SIPP dan pencapaian predikat WBK akan berpengaruh terhadap karier aparat peradilan agama.
  4. PTA dan PA harus selesaikan upload putusan dari tahun 2016 sampai dengan sekarang melalui direktori putusan.
  5. Akreditasi Penjaminan Mutu dengan predikta A “excellent” agar dijaga kontinuitas dan konsistensinya supaya nilai yag telah didapatkan dapat di praktekan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
  6. Budaya 5R dan 3S agar terus di jaga, diterapkan dan ditingkatkan.
  7. PTA Jayapura akan lakukan validasi dan verifikasi eviden dalam PMPZI , sehingga agar dipersiapkan supaya eviden yang ada sesuai dengan kenyataan .
  8. Surveilance APM tahun 2020 akan dilakukan secara daring

Selain hal tersebut Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menyampaikan hal –hal yang menyebabkan pembangunan Zona Integritas gagal diantaranya karena aparat pengadilan agama tidak memahami tentang zona integritas, budaya melayani tidak dijalankan, pengawasan hanya sifatnya formlitas, inovasi yang dibangun tidak berdampak langsung terhadap para pencari keadilan, penarapan 5R 3S belum sepenuhnya di lakukan.

Sedangkan Panitera Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menyampaikan bahwa agar seluruh satuan kerja yang telah diusulkan dalam pembangunan zona integritas ini berpedoman terhadap Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 58/KMA/SK/III/2019 tanggal 28 Maret 2020. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap pengadilan agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura atas peningkatan kinerja dan raport SIPP. Mengenai penyampaian laporan kinerja satuan kerja triwulan agar disampaikan tepat waktu.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas