450 KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN RUANG PTSP DAN PTSP ONLINE DITJEN BADILAG

Berita Terkini

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN RUANG PTSP DAN PTSP ONLINE DITJEN BADILAG

Social Media

launching 1

SENTANI,  Pada era yang serba digital ini, menuntut semua orang untuk beradaptasi secepat mungkin. Perubahan merupakan keniscayaan sehingga semua akan mengalami perubahan, kecuali perubahan itu sendiri . Begitupula dalam dunia kerja, semua akan berubah mengikuti kebutuhan masyarakat, sehingga suatu Lembaga dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Begitupula dengan Ditjen Badilag yang telah beradaptasi di era digital ini dengan meluncurkan berbagai inovasi-inovasi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

launching 2

Selasa, 28 Juli 2020, Ditjen Badilag meluncurkan inovasi terbarunya yakni PTSP Online yang diresmikan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI yang diselenggarakan langsung dari ruang Command Center Badilag. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan laporan dan sekilas mengenai ruang PTSP, PTSP Online, call center, bank data dan aplikasi vision oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Direktur Jendral Badan Peradilan Agama. Dalam laporannya beliau memaparkan inovasi-inovasi unggulan terbaru Badilag. Pertama, beliau memaparkan tentang aplikasi PTSP Online yang telah diuji coba sejak 13 april 2020 hingga 24 Juli 2020 dan telah dikunjungi oleh 3.186 pengunjung. PTSP ini dapat diakses melalui website resmi Badilag. Aplikasi ini memiliki dua fungsi, yakni fungsi pembinaan dan fungsi pelayanan. Sebagai fungsi pembinaan, aplikasi ini menjadi saranan komunikasi kepada seluruh badan peradilan agama dengan lebh efektif dan efisien. Sedangkan dalam fungsi pelayanan, aplikasi ini berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat pencari keadilan dan masyarakat umum. Dalam aplikasi ini terdapat tiga layanan yakni, Call Center, Bank Data dan Vision. Kedua, inovasi selanjutnya adalah call center yang terbagi menjadi dua macam layanan, yakni internal dan ekternal. Layanan call center internal terdiri dari tiga layanan yakni, layanan kesekretariatan, layanan tenaga teknis dan layanan administrasi peradilan. Sedangkan layanan ekstrenal terdiri dari layanan informasi hukum layanan konsultasi hukum dan layanan pengaduan. Ketiga, layanan bank data. Aplikasi ini merupkan kumpulan data yang dikelola oleh BADILAG dari SIPP, e-court, sikep, e-monev dan smart. Yang berfungsi sebagai pimpinan mahkamah agung untuk monitoring kinerja peradilan agama dan sebagai sumber data bagi instansi lain atau rekan kerja Badilag. Keempat, inovasi selanjutnya adalah aplikasi vision. Aplikasi ini adalah virtualisasi surat ijin online dimana dapat Malayani perijinan yang menjadi kewenangan Badilag. Kelima, inovasi dalam website resmi Badilag dikembangkan dalam tiga Bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Website ini telah dikunjungi oleh masyarakat dunia yang terdiri dari 38 negara. Keenam, layanan gugatan mandiri, aplikasi ini sangat membantu masyarakat pencari keadilan dalam membuat gugatannya. Aplikasi ini dapat dikunjungi di seluruh website Pengadilan Agama di Indonesia. Ketujuh, aplikasi validasi akta cerai. Aplikasi ini lahir dari banyaknya laporan adanya akta cerai palsu. Oleh sebab itu Badilag mengembangkan dokumen akta cerai dengan menggunakan scaning berbasis android melalui aplikasi augmented reality yang dapat didownload di google playstore. Scanning melalui aplikasi tersebut akan menghadsilkan video pendek yang memuat Dirjen Badilag menyatakan bahwa akta cerai tersebut adalah asli dan otentik. Kedelapan, melakukan beberapa terobosan penting di pandemi COVID-19 ini, agar program kerja Mahkamah Agung dapat berjalan dengan baik, yakni: fit and proper Test secara Virtual calon pimpinan pengadilan, pembinaan teknis yustisial oleh Hakim Agung, purna bakti KPTA secara Virtual, pelantikan hakim baru secara virtual, sidak virtual. Keenam, pengawasan virtual melaui cctv pada area public PTSP dan halaman apel. Kesembilan, Kerjasama peningkatan SDM dengan beberapa negara, Lembaga negara, kementrian dan universitas. Kesepuluh, penilaian kinerja penyelesaian perkara berbasis SIPP sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja penyelesaian kinerja dan menjadi dasar dalam system promosi dan mutasi secara transparan.

launching 3

Setelah laporan yang disampaikan oleh Dirjen Badilag, acar dilanjutkan dengan peresmian ruang PTSP, PTSP Online, call center, bank data dan aplikasi vision oleh Ketua Mahkamah Agung RI yang didampingi oleh Wakil Ketua Non Yudisial MA RI. kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Yang Mulia Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H. sebagai Ketua Mahkamah Agung RI. dalam kesempatan tersebut beliau sangat mengapresiasi dengan semua inovasi-inovasi yang telah diluncurkan oleh Badilag yang sangat memberi manfaat bagi masyarakat pencari keadilan. Selain itu, dalam fungsi internalnya inovasi-inovasi tersebut juga menjadi media peningkatan SDM aparatur pengadilan.

Dengan hadirnya inovasi-inovasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peningkatan pelayanan yang lebih prima terhadap para pencari keadilan, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga peradilan ini pun semakin meningkat.(WI)

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas