451 IDUL QURBAN PA SENTANI BAGI BAGI DAGING DAN MASAK COTO MAKASSAR

Berita Terkini

Idul Qurban, PA Sentani Bagi-bagi daging dan Masak Coto Makassar

Social Media

SENTANI., "Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd". Gema takbir memuja kebesaran kuasa Allah Ta’ala di hampi seluruh penjuru dunia dengan momentum hari kebesaran umat Muslm, “Idul Adha”. Hari yang juga dikenal dengan sebutan Idul qurban. Dengan dasar sejarah panjang yang mengisahkan ketika Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail hngga akhirnya menjadi tradisi agung keagamaan umat Muslim yang dipraktikkan hingga saat ini. Trasdisi inilah yang membuat para ulama berbeda pendapat soal bagaimana kriteria hewan quban, akan tetapi mereka setuju pada satu persepsi bahwa hewannya tidak lain dari pada unta, sapi, kambing, dan domba. Artinya boleh menyembelih unta, kalau tidak mampu cukup sapi kalau tidak mampu boleh juga kambing atau Domba.

WhatsApp Image 2020 08 01 at 05.19.21 1

Dengan dasar inilah (hari raya idul qurban) Pengadilan Agama Sentani turut melaksanakan kemeriahan perayaan idul qurban. Tepat tanggal 31 Juli 2020 bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah Pengadilan Agama Sentani melaksanakan penyembelihan Sapi di Kantor Pengadilan Agama Sentani sendiri. Penyembelihan dilakukan oleh Ustad Hasim Utina dibantu dengan beberapa pegawai Pengadilan Agama Sentani.

WhatsApp Image 2020 08 01 at 05.19.22

Hasil pemotongan hewan qurban dibagikan sesuai dengan daftar yang telah dibuat oleh panitia yang diketuai oleh Syarifuddin. Sisanya dibuat Coto Makassar untuk acara makan siang para pegawai Pengadilan Agama Sentani dan para panitia pelaksana qurban. Acara ini cukup hikmat dengan pemutaran backsound lagu-lagu tembang kenangan. Sesekali karaoke sambil mencicipi hidangan yang terhidang.

Acara ini diramaikan oleh Ketua, Wakil dan Sekertaris Pengadilan Agama Sentani. Keluarga Pegawai, hingga Tukang yang sedang bekerja untuk penyelesaian proyek jalan dan lapangan di Pengadilan Agama Sentani ikut dalam kemeriahan itu. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian jatah daging sesuai daftar yang telah dibuat oleh panitia pelaksana.

WhatsApp Image 2020 08 01 at 05.19.21

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas