Seputar Peradilan

Social Media

WhatsApp Image 2021-03-22 at 14.28.51.jpeg

 

 

Sarmi, Senin (22/03/2021) Pengadilan Agama Sentani mengadakan Sidang Keliling di Kabupaten Sarmi, yang pelaksanaannya bertempat di Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Sentani untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan Pelaksanaan Sidang keliling dimulai pada hari Senin, tanggal 22 Maret 2021 pukul 09.00 WIT. Untuk pelaksanaan sidang keliling, banyak masyarakat yang antusias mengikuti, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah perkara yang masuk yaitu sebanyak 9 perkara.

WhatsApp Image 2021-03-22 at 14.28.41.jpeg

 

Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling persis seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama Sentani, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya.

WhatsApp Image 2021-03-22 at 14.30.02.jpeg

 

Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling, bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Sentani. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama, Selain itu sidang keliling juga menjadi hiburan tersendiri bagi Tim Pelaksanaan Sidang Keliling karena dapat melihat-lihat suasana alam pedesaan yang sejuk dan dapat menghirup udara segar, jauh dari kebisingan, kepadatan lalulintas, dan polusi. Oleh karena itu pelaksanaan sidang keliling ini selalu ditungu-tunggu oleh tim meskipun tempat sidangnya berada di pelosok desa jauh dari perkotaan tetapi tim selalu siap dan semangat demi kemajuan Pengadilan Agama Sentani.

Add comment


Security code
Refresh

  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas