SOP PENGADUAN

SOP Pengaduan

Social Media

          Untuk tercapainya Pengadilan Agama  Sentani menjadi lembaga peradilan yang bersih, berwibawa, transparan dan akuntabel. Apabila anda menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan layanan kami ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan peradilan dan perbuatan serta tingkah laku aparat peradilan di Pengadilan Agama  Sentani, silahkan Anda sampaikan kepada kami baik datang di kantor Pengadilan Agama Sentani Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 93 Sentani maupun melalui forum ADUAN ONLINE yang telah disediakan dalam website ini.
terima kasih.

PROSEDUR PENGADUAN

PENGADILAN AGAMA SENTANI

Bagi para pencari keadilan yang merasa tidak puas atau dirugikan atas pelayanan kami, dapat menyampaikan kepada kami, dengan ketentuan sebagai berikut :

SYARAT PENGADUAN

  • Pengadu harus mencantumkan dan memiliki:
    1. Identitas jelas, meliputi: nama, alamat dan contact person / no telp
    2. Menyampaikan/membawa/melampirkan data serta bukti-bukti yang dapat dipertaggungjawabkan secara hukum
  • Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diproses dalam menu pengaduan di Pengadilan Agama Sentani adalah sebagai berikut:
    1. Pelayanan
      • Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Agama Sentani;
      • Pelayanan persidangan di Pengadilan Agama Sentani;
      • Mal administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat adminstrasi;
    2. Pelanggaran
      • Pelanggaran disiplin kerja pegawai Pengadilan Agama Sentani;
      • Pelanggaran  pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Agama Sentani;
      • Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut petugas / pegawai pengadilan;
      • Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidak pahaman;
    3. Pungutan Liar
      • Pungutan Liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Agama Sentani;
      • Pungutan Liar oleh Petugas di Luar Kantor Pengadilan Agama Sentani.

LAYANAN PENGADUAN

Seluruh pengaduan yang berkenaan dengan persoalan tersebut di atas dapat disampaikan melalui beberapa cara, antara lain:

  1. Datang langsung ke Pengadilan Agama Sentani pada setiap hari kerja Senin s/d Kamis pukul 08.00 s/d 16.30 WIB ; Jumat pukul 07.00 s/d 16.00 dan mengadukan persoalan baik secara langsung (berbicara) atau tertulis yang di tujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Sentani dengan menjelaskan dan sedapat mungkin membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan aduannya tersebut. Apabila pengaduan dikirim melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah surat pengaduan dengan menulis kata “PENGADUAN PADA PENGADILAN” di bagian kiri atas amplop ;
  2. Melalui telepon atau fax di (0283) 671442
  3. Menyampaikan pengaduan melalui email (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)
  4. Melalui meja Pengaduan yang tersedia di kantor Pengadilan Agama Sentani.

PENERIMAAN PENGADUAN

  1. Pengadilan Agama Sentani akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Sentani akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Sentani akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Sentani hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.
  5. Pelapor sedapat mungkin menyantumkan identitas dan mengirimkan atau menyertakan bukti yang dapat menguatkan adannya tersebut.namun demikian selama infromasi dalam pengaduan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan tersebut akan tetap di tindak lanjuti walaupun tidak mencantumkan identitas ( 076/KMA/SK/VI/2009 Bab VIB poin 2)
  6. Setiap data dan identitas yang diberikan oleh pelapor akan dirahasiakan.
  Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas