SELAMAT DATANG

Assalaamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Sentani. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama.
SELAMAT DATANG

LAPORKAN !!!

Jika Anda Mengalami Keluhan dan Pungutan Diluar yang Ditentukan dalam Pelayanan Yang Diberikan Segera Laporkan !
LAPORKAN !!!

Selamat & Sukses

ATAS KEBERHASILAN YANG MULIA Prof. Dr. H. MUHAMMAD SYARIFUDDIN, S.H.,M.H. MENJADI PROFESOR Semoga Yang Mulia tambah sukses dimasa mendatang serta tetap sehat dan walafiat, Aamiin Yaa Allah.
Selamat & Sukses

Segenap Pimpinan, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sentani Mengucapkan

SELAMAT & SUKSES Atas Dilantiknya Dr. H. Hasbi, M.H. Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung RI
Segenap Pimpinan, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Sentani Mengucapkan

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-COURT Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
e-COURT Mahkamah Agung RI

Turut Berduka Cita

Keluarga Besar Pengadilan Agama Sentani Turut berduka Cita atas Berpulangnya Mantan Ketua Pengadilan Agama Sentani 2004 - 2007
Turut Berduka Cita

Turut Berduka Cita

Keluarga Besar Pengadilan Agama Sentani Turut Berduka Cita Atas Berpulangnya Ibunda Hakim PA Sentani Wisnu Indradi, S.H.I., M.H.I
Turut Berduka Cita

Turut Berduka Cita

Turut Berduka Cita

Turut Berduka Cita

Keluarga Besar Pengadilan Agama Sentani Turut berduka Cita atas Berpulangnya Mantan Ketua Pengadilan Agama Sentani 2004 - 2007
Turut Berduka Cita

HAKIM PA. SENTANI BERBAGI ILMU HISAB RUKYAT DI BIMTEK KANWIL KEMENAG PROVINSI PAPUA

Written by HAKIM.

Written by HAKIM. Hits: 149

HAKIM PA. SENTANI BERBAGI ILMU HISAB RUKYAT DI BIMTEK KANWIL KEMENAG PROVINSI PAPUA 

 

SENTANI, Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi manusia semenjak dia dalam kandungan hingga di dalam kubur, begitulah sabda Nabi Muhammad SAW. Dari sini dapat kita simpulkan menuntut ilmu tidak mengenal batasan usia, sehingga sebuah peningkatan menuju yang terbaik menjadi salah satu fitrah manusia. Menuntut ilmu tidak hanya dapat dilakukan dibangku sekolah maupun kuliah, akan tetapi dimanapun kita berada, kita bisa mendapatkan ilmu dari peristiwa-peristiwa yang terjadi dikehidupan manusia. Dalam dunia instansi, peningkatan sumber daya manusia ini dapat dilakukan dengan mengadakan bimbingan teknis kepada para pegawainya.

 

Jum’at, 25 Juni 2021, Hakim Pengadilan Agama Sentani memberikan bimbingan teknis mengenai hisab rukyat hilal yang diadakan oleh Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua di Hotel Horex, Sentani Kota. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pegawai dan penyuluh agama dilingkungan Kementerian Agama dalam hal hisab rukyat, yang pembinaannya kepada masyarakat secara luas masih menjadi kewenangan Kementerian Agama. Dalam Hal ini, Wisnu Indradi, S.H.I., M.H.I. yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Agama Sentani untuk hadir dan memberikan penjelasan mengenai Tugas Hakim Pengadilan Agama Terkait Pelaksanaan Rukyat Hilal. Seperti yang kita ketahui, mengitsvatkan kesaksian rukyat hilal merupakan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang kepada Pengadilan Agama Sebagaimana diatur dalam pasal 52 (A) Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 dan terakhir diubah dengan Undang-undang Nomor 50 Tahun 2009.  Selain itu dalam penjelasanya Pengadilan Agama juga dapat memberikan dapat memberikan keterangan atau nasihat mengenai perbedaan penentuan arah kiblat dan penentua arah kiblat. Setelah menyampaikan materi, Pemateri memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dan berdiskusi perihal materi yang telah disampaikan. Dan ternyata pada sesi tersebut peserta dengan antusias yang membara, menyampaikan problematikan yang terjadi dimasyarakat mengenai pelaksanaan rukyat hilal ini.

 

Di sela-sela menyampaikan materi tersebut, Pemateri juga memberikan sekilas pandang mengenai kewenangan Pengadilan Agama Sentani beserta semua jenis pelayanan yang diberikan, sehingga kedepannya para penyuluh sebagai garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dapat memberikan informasi yang akurat guna memberi pelayanan yang prima terhadap masyarakat. Dari titik ini, semoga kedepannya Pengadilan Agama Sentani dapat bekerja sama lebih intens dengan Kanwil Kementerian Agama untuk memberikan penyuluhan masyarakat mengenai hukum keluarga yang berlaku di Indonesia. (WI)

Hubungi Kami

 Home Pengadilan Agama Sentani

       Jl. Raya Kemiri, Hinekombe, Sentani

       Jayapura, Papua - 99352

 phone icon Telp  (0967) 594625

 Fax icon Fax. (0967) 594625

 Mailbox Email :

Go into  admin@pa-sentani.go.id

Go into  @gmail.com

Go into  ecourt@gmail.com

Lokasi Kami

© 2021 Pengadilan Agama Sentani Designed by Joomla
Jl. Raya Kemiri, Hinekombe, Sentani, Jayapura, Papua - 99352
Telp (0967) 594625 Fax. (0967) 594625