Membaca Ulang Risalah Islam: Memahami Syariah, Maqasid Syariah, Fikih, dan Hukum Islam Oleh: M. Khusnul Khuluq, S.Sy., M.H.

Written by Admin.

Written by Admin. Hits: 1327

Membaca Ulang Risalah Islam: Memahami Syariah, Maqasid Syariah, Fikih, dan Hukum Islam

Oleh: M. Khusnul Khuluq, S.Sy., M.H.

(Hakim Pengadilan Agama Sungai Penuh, PTA Jambi)

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pendahuluan: Tentang Risalah Islam

Bagi seorang insider, risalah Islam didefinisikan sebagai sebuah risalah terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad melalui wahyu. Risalah ini sebagai pelengkap risalah-risalah sebelumnya. Risalah sebelumnya dalam hal ini adalah Yahudi dan Kristen. Dengan demikian, dalam konteks global, satu-satunya risalah yang diakui adalah Risalah Islam.

Untuk menjelaskan subtema ini, saya ingin mengutip Al-Quran Surat Al Baqarah ayat ke 208 yang saya pikir cukup relevan untuk memberi sedikit gambaran terkait diskusi kita.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱدۡخُلُواْ فِي ٱلسِّلۡمِ كَآفَّةٗ وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيۡطَٰنِۚ إِنَّهُۥ لَكُمۡ عَدُوّٞ مُّبِينٞ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu (Q.S. Al Baqarah: 208)

Ayat ini memberi gambaran bahwa Islam adalah Sebuah sistem yang bagiannya saling terhubung dan terintegrasi. Sehingga ketika seorang manusia hendak memilih Islam sebagai sebuah agama atau kepercayaan dalam hidupnya, maka Allah memerintahkan agar manusia tersebut masuk secara keseluruhan (Kaffah). Jika orang tersebut tidak masuksecara keseluruhan, mereka masih dianggap mengikuti langkah setan.


Selengkapnya KLIK DISINI

Hubungi Kami

 Home Pengadilan Agama Sentani

       Jl. Raya Kemiri, Hinekombe, Sentani

       Jayapura, Papua - 99352

 phone icon Telp  (0967) 5191455

 Fax icon Fax. (0967) 594625

 Mailbox Email :  admin@pa-sentani.go.id

      Tabayun : tabayun.pasentani@gmail.com

 

 

    Facebook  | Instagram | YouTube

 

Lokasi Kami

© 2022 Pengadilan Agama Sentani Designed by Joomla