Pengadilan Agama Sentani Mengikuti Webinar Gugatan Mandiri dan Peningkatan Akses Keadilan Bagi Perempuan Secara Daring

Written by KEPANITERAAN.

Written by KEPANITERAAN. Hits: 281

Pengadilan Agama Sentani Mengikuti Webinar Gugatan Mandiri dan Peningkatan Akses Keadilan Bagi Perempuan Secara Daring

 

zoom perempuan dan anak 1

 

Sentani | Pa-sentani.go.id |

Salah satu fokus kebijakan Peradilan Agama adalah melindungi hak-hak perempuan dan anak. Perempuan perlu diberi perlindungan lebih dalam konteks hubungan keluarga karena perempuan rawan mendapat tindakan diskriminatif maupun kekerasan dari pihak laki-laki khususnya suami. Belum lagi, fakta selama ini menunjukan bahwa tidak sedikit perempuan yang mengalami penelantaran oleh suaminya, sehingga ia harus berjuang sendiri untuk menafkahi diri dan anaknya yang akhirnya harus berperan ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai pencari nafkah bagi anaknya.

Selasa 26 Juli 2022 bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Sentani mengikuti acara Webinar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Peradilan Agama MA RI terkait Gugatan Mandiri dan Peningkatan Akses Keadilan Bagi Perempuan dengan bekerja sama dengan Federal Circuit & Family Court of Australia (FCFCOA) dan difasilitasi oleh Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2).

Acara dibuka oleh Dirjen Badilag Dr. Drs.H. ACO NUR,S.H., M.H beliau menyampaikan aplikasi andalan Badilag diantaranya seperti Aplikasi ACO (CCTV Online), SIMTEPA, E-Eksaminasi, E-APM, Gugatan Mandiri, Antrian Sidang dan masih banyak lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut sebagai upaya untuk mengimplementasikan Asas Peradilan Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan.

Selanjutnya pemaparan oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Mahkamah Agung, Dr. Nur Jannah Syaf, S.H.,M.H. beliau menyampaikan peningkatan penyelesaian perkara di peradilan agama, meskipun masih banyak perempuan yang belum mendapatkan hak-haknya. Namun kedepan akan terus dioptimalkan melalui beberapa program kerja unggulan badilag.

Selanjutnya Penyampaian oleh Direktur Federal Circuit & Family Court of Australia The Hon Justive Suzy Christie beliau menyampaikan bahwa hak-hak perempuan memang harus mendapatkan perhatian khusus terutama bagi perempuan yang berada didaerah pedalaman yang sulit mengakses keadilan sehingga negara harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi perempuan.

zoom perempuan dan anak 2

Hadir pada Zoom Meeting ini Plh. Ketua Pengadilan Agama Sentani Wisnu Indradi, S.H.I., M.H.I beserta seluruh aparatur Pengadilan Agama Sentani. Penyampaian materi sangat memberikan ilmu pengetahuan baru bagi aparatur peradilan terutama dalam memberikan pelayanan kepada kaum perempuan dan kaum rentan baik di dalam maupun diluar persidangan sebagaimana amanat dari Perma Nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman mengadili perkara Perempuan berhadapan dengan Hukum. Untuk mengakomodir Perma Nomor 3 tahun 2017, Pengadilan Agama Sentani telah menyediakan pojok feminim untuk memberikan informasi kepada perempuan yang akan berperkara di PA Sentani serta layanan fasilitas yang ramah disabilitas. (Red. Tim IT)

Hubungi Kami

 Home Pengadilan Agama Sentani

       Jl. Raya Kemiri, Hinekombe, Sentani

       Jayapura, Papua - 99352

 phone icon Telp  (0967) 5191455

 Fax icon Fax. (0967) 594625

 Mailbox Email :  admin@pa-sentani.go.id

      Tabayun : tabayun.pasentani@gmail.com

 

 

    Facebook  | Instagram | YouTube

 

Lokasi Kami

© 2022 Pengadilan Agama Sentani Designed by Joomla